7 Rekomendasi Game Mirip Harvest Moon

7 Rekomendasi Game Mirip Harvest Moon

7 Rekomendasi Game Mirip Harvest Moon – Bertani, beternak, dan bangun hubungan dengan tetangga Anda. Ketiga aktivitas ini sudah menjadi aktivitas sehari-hari saat bermain Harvest Moon. Entah itu kembali ke alam atau kehidupan yang lugu, serial Harvest Moon bisa dikatakan menjadi bagian penting dari masa kecil banyak orang Indonesia.

Kini hadir berbagai game modern yang terinspirasi dari Harvest Moon atau memiliki kemiripan dengan serialnya. Mari kita lihat tujuh game dengan getaran dan nostalgia yang sama

1. Stardew Valley


Stardew Valley adalah game pertama yang terlintas di pikiran ketika berbicara tentang game yang mirip dengan Harvest Moon. bagaimana bisa? Game yang dibuat oleh ConcernedApe sangat populer, dengan total lebih dari 10 juta kopi terjual. Ada juga 323.000 ulasan di Steam, 97% di antaranya positif. Untuk sebuah game buatan sendiri, angka ini bisa dikatakan sangat impresif.

Game indie ini menawarkan banyak fitur. Kamu bisa bercocok tanam, beternak, belajar memasak, bersosialisasi dengan penduduk, bahkan memulai sebuah keluarga dengan belahan jiwamu. Apakah fungsi ini terdengar familiar? alam.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengajak tiga orang teman untuk memainkan game ini bersama-sama. Bahkan jika Anda tinggal di tempat yang sama, Anda menjalani hidup Anda, sungguh. Rumah yang berbeda, kemampuan yang berbeda, pasangan yang berbeda.

Stardew Valley tersedia di Steam, Xbox One, PlayStation 4, Nintendo Switch, Google Play, dan App Store. Jangan lupa untuk mencoba berbagai creative mods untuk game ini ya!

2. DORAEMON STORY OF SEASONS


Sepertinya pengembang game DORAEMON STORY OF SEASONS mengetahui cara membuat kita rindu pada masa kecil kita sendiri. Ya, caranya adalah menggabungkan manga dan anime favorit di masa kecil dengan game Harvest Moon.

Dalam Doraemon: A Tale of Four Seasons, kamu wajib menjaga peternakanmu. Itu berarti Anda perlu bercocok tanam dan memelihara ternak. Uniknya, seiring berjalannya waktu, Anda akan mendapatkan alat Doraemon yang dapat membantu Anda dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada fitur romansa dan pernikahan dalam game ini, karena fokus utamanya adalah cinta keluarga. Lagi pula, jika Anda penggemar serial Doraemon, Anda akan tahu bahwa Nobita terobsesi dengan Shizuka.

Jika Anda memainkan game ini, Anda harus terbiasa dengan nama bahasa Inggris dari setiap karakter. Shizuka menjadi Sue, Gian menjadi Big G, Suneo menjadi Sneech, dan Nobita menjadi Noby.

DORAEMON STORY OF SEASONS tersedia di Steam, PlayStation 4, dan Nintendo Switch.

3. Animal Crossing: New Horizons


Nintendo kembali dengan seri Animal Crossing, kali ini dengan judul New Horizons. Animal Crossing: New Horizons memiliki kemampuan farming yang terbatas dibandingkan dengan Harvest Moon. Anda hanya bisa menanam dan memanen labu. Setidaknya para penggemar Animal Crossing tetap antusias, karena fitur ini membuka ruang yang sangat luas untuk update crop selanjutnya.

Mengkompensasi fungsi bertani yang terbatas, sim kehidupan ini menyediakan banyak aktivitas untuk memperkaya kehidupan sehari-hari Anda, seperti memancing, menangkap serangga, dan bersosialisasi dengan hewan-hewan lucu yang menghuni pulau itu.

Tidak hanya itu, kustomisasi juga menjadi salah satu kelebihan dari game ini. Anda dapat menyesuaikan karakter, rumah, dan pulau secara mendalam. Selesai dekorasi? Anda dapat mengundang teman untuk mengunjungi pulau Anda.

Animal Crossing: New Horizons tersedia di Nintendo Switch.

4. Rune Factory 4 Special

Ingin game simulasi kehidupan dengan bakat anime? Anda harus mencoba Rune Factory 4 Spesial. Seperti game Harvest Moon, Rune Factory 4 Special menampilkan pertanian, memancing, dan membangun persahabatan. Bedanya, game ini pertama kali dirilis di Jepang pada tahun 2019, dengan banyak cutscene dalam bentuk animasi, dilengkapi dengan voice acting.

Jika Anda seorang penggemar anime, Anda mungkin tidak asing dengan beberapa pengisi suara seperti Aoi Yuuki (Lumine dari Genshin Impact), Daisuke Namikawa (Tooru Oikawa dari Haikyuu!!) dan Tomokazu Sugita (Gintoki Sakata dari Gintama). , Mereka bertiga ada di Rune Factory 4 spesial. Berminat? Game ini bisa dimainkan di Nintendo Switch. Menurut rencana, game tersebut juga akan mendarat di Steam, PlayStation 4 dan Xbox One tahun ini.

5. My Time at Portia


Berbeda dengan Stardew Valley yang terinspirasi dari Harvest Moon, My Time At Portia terinspirasi dari Studio Ghibli. Di dunia pasca-apokaliptik, Anda bertanggung jawab untuk mengembalikan studio ayah Anda ke masa kejayaannya. Caranya adalah dengan melakukan berbagai tugas, bercocok tanam, beternak, dan berteman dengan warga sekitar.

My Time At Portia memiliki pohon keterampilan, seperti banyak game RPG. Ada tiga pohon keterampilan: Combat, Gathering, dan Sosial. Anda bebas mengembangkan keterampilan yang Anda inginkan. Inilah salah satu yang membedakan game besutan Patea Games dengan game sejenis lainnya.

Kamu dapat membeli game ini di Steam, Epic Games Store, Nintendo Switch, PlayStation 4, Xbox One, Google Play, dan App Store.

6. Littlewood


Dari segi cerita, Little Forest mampu membedakan dirinya dari game lain. Ada cukup banyak game yang menceritakan tentang seorang hero yang berambisi mengalahkan musuh bebuyutannya, seperti Demon King. Berbeda dengan plot, Kobayashi terjadi setelah musuh dikalahkan.

Anda bermain sebagai pahlawan yang kehilangan ingatannya setelah mengalahkan seorang penyihir. Dengan membangun kota dan meyakinkan orang untuk pindah ke kota Anda, ingatan Anda akan kembali sedikit demi sedikit.

Littlewood memiliki banyak fitur. Salah satu fiturnya yang paling inovatif adalah Tarot Monsters, sebuah permainan kartu kecil seperti Pokemon. Game kecil ini seru karena Sean Young selaku developer sudah menerapkan aturan dan gameplay yang jelas. Juga, Anda dapat menggunakan berbagai monster dengan elemen dan keterampilan mereka sendiri.

Littlewood tersedia di Steam dan Nintendo Switch.

7. STORY OF SEASONS: Friends of Mineral Town


Setelah peluncuran TheGamer, keputusan bisnis menyebabkan perpecahan antara Natsume dan Marvelous, sehingga nama Harvest Moon harus diubah menjadi STORY OF SEASONS. Natsume, yang merupakan tim pengembangan dan penerbit Harvest Moon, masih memegang teguh game tersebut. Oleh karena itu, mereka tetap menggunakan nama Harvest Moon. Di sisi lain, tim Marvelous terus mengembangkan seri STORY OF SEASONS.

Nah, Season Story: Friends of Mineral Town memiliki satu fitur utama yang tidak jauh berbeda dengan Harvest Moon sebelumnya. Artinya, Anda terus bertani, memelihara ternak, dan ikan.

Satu hal yang dijamin membuat para penggemar Harvest Moon: Back to Nature bernostalgia. Banyak karakter akrab kembali, termasuk Elli, Karen, Cliff, Gray dan Marie. Tentu saja, Anda dapat berteman dengan mereka lagi dan akhirnya menikahi karakter favorit Anda.

Cerita Musim: Anda dapat memainkan Friends of Mineral Town di Nintendo Switch dan Steam. Tahun ini, farming sim juga hadir di Xbox One dan PlayStation 4.

Akhir Kata

Setiap game dalam daftar memiliki kesamaan. Namun, bukan berarti mereka tidak unik. Manakah dari tujuh game ini yang paling Anda sukai? Jangan lupa bagikan pendapatmu di kolom komentar, ya!